Selasa, 07 Mei 2013

Tips-Tips Perawatan Kulit Bayi

Tips-Tips Perawatan Kulit Bayi

Kulit bayi amat halus namun rawan pada pergantian suhu, kekeringan serta infeksi. Dikarenakan kelenjar keringat belum seutuhnya berkembang, kulit bayi amat peka pada suhu dingin serta panas. Walau kelenjar sebasea telah terbentuk di kulit, namun mereka belum membuahkan cukup minyak. Mengakibatkan, kulit bayi condong gampang kering. Kulit bayi juga rawan pada infeksi dikarenakan sistem perlindungan pada mikroorganisme belum seutuhnya terbentuk. Oleh dikarenakan itu, perawatan yang baik pada kulit bayi yang peka amatlah penting pada bulan-bulan pertama kehidupannya.


Berikut adalah  tips-tips yang sangat dianjurkan dalam merawat kulit bayi:

  • Mandikan bayi beberapa hari sekali, tetapi bersihkan kulitnya setiap hari.
Didalam empat bln. Pertama, anda baiknya tidak memandikan bayi tiap-tiap hari. Beberapa ahli perawatan bayi menganjurkan untuk memandikan bayi 1 minggu sekali, terlebih pada satu-dua bln. Pertama kehidupan. Sabun spesial bayi memanglah lebih ramah pada kulit bayi, namun pemakaiannya tidak bisa terus-terusan. Untuk melindungi supaya kulit bayi tidak jadi kering dikarenakan sabun, ke didalam air mandinya anda bisa menuangkan sebagian tetes minyak zaitun atau baby oil. Anda mesti bersihkan kulit bayi tiap-tiap hari dengan mengusap, terlebih di tempat popok serta lipatan-lipatan kulit. Untuk tempat popok, anda cukup bersihkan dengan kain lembab tanpa sabun. Dikarenakan kerap dibersihkan, tempat ini rawan pada iritasi kulit. Pemberian minyak zaitun atau baby oil bisa menghindar iritasi. Minyak tersebut membentuk susunan tidak tampak pada kulit, yang menjaga kelembapan kulit sekalian membuat perlindungan dari iritasi. Untuk perawatan lipatan kulit di kaki, tangan serta leher, ambil sejumput kapas yang dibasahi air serta teteskan sedikit minyak untuk menyerap serta buang kotoran. Tempat lipatan leher amat rawan kotor dikarenakan residu air susu. 
Air yang dipakai untuk mandi atau mengusap baiknya mempunyai kehangatan tengah, lebih kurang 37°c. Siapkan handuk hangat untuk membungkus serta jadi alas sebelum saat serta setelah bayi dibersihkan.

  • Lindungi bayi dari masalah kulit
Bayi bisa mempunyai sebagian problem atau situasi kulit berikut : 

Tanda lahir. Di wajah serta leher bayi barangkali terbentuk sinyal lahir berwarna kemerahan. Itu yaitu kumpulan pembuluh darah– bukan hanya ruam–karena tidak menonjol atau mengakibatkan gatal. Pemicunya yaitu pergantian hormon sesudah lahir. Sinyal lahir ini umumnya dapat memudar sendiri didalam sebagian minggu. Anda tak perlu mengobatinya. 

Dermatitis. Terkadang, bayi dapat mengembangkan infeksi jamur di lipatan kulit. Jamur berjenis kandida kerap mengakibatkan ruam yang dimaksud dermatitis popok dikarenakan suka area yang hangat serta lembab. Lipatan leher bayi juga bisa jadi lingkungan yang baik untuk kandida. Anda bisa menghindar serta menangani ruam dengan melindungi kulit terus kering, contohnya dengan senantiasa meyakinkan popok didalam situasi kering serta membedaki kulit bayi secukupnya. Apabila ruam tidak membaik atau condong menyebar didalam sekian hari, periksakan bayi anda ke dokter. Dokter barangkali dapat meresepkan cream sederhana untuk membunuh jamur tersebut. 

Biang keringat. Didalam cuaca panas, kulit bayi bisa teriritasi oleh panas. Biang keringat dapat nampak didalam bentuk benjolan-benjolan merah kecil di area yang kerap basah oleh keringat, contohnya di area popok, ketiak, punggung serta leher. Meletakkan bayi di ruangan sejuk serta nyaman yaitu cara terbaik untuk menghindar serta menyembuhkan biang keringat. Pakaian longgar serta melindungi tempat yang terkena terus kering juga bisa menolong. 

Problem lain. Pada situasi kulit yang lain layaknya eksim, jerawat, dermatitis seboroik, alergi, dan lain-lain, anda mesti senantiasa berkonsultasi dengan dokter untuk perawatannya.

  • Lindungi bayi dari sinar matahari
Bayi pada th. Pertama kehidupannya tidak bisa terkena radiasi uv segera. Pakaian rapat, topi serta kacamata hitam yaitu fasilitas perlindungan terbaik pada uva serta uvb matahari. Disamping itu, anda bisa berikan cream perlindungan matahari ( “tabir surya” ) secukupnya pada kulit yang terbuka.

  • Gunakan kain berbahan katun
Gunakan kain berbahan katunupayakan untuk senantiasa kenakan pakaian serta popok memiliki bahan katun pada bayi. Katun berbentuk ramah kulit, mempunyai pori-pori, serta menyerap kelembapan. Hindarilah bahan sintetis.

  • Lindungi bayi dari cuaca dingin
Lindungi bayi dari cuaca dinginkulit bayi kurang membuat perlindungan diri mereka dari cuaca dingin. Selimutilah bayi dengan pakaian serta selimut hangat apabila dibawa melancong yang membuatnya terpapar angin.

  • Gunakan minyak/balsem untuk menghangatkan
Didalam cuaca jelek, terlebih di waktu udara dingin serta angin bertiup, dianjurkan untuk memoleskan minyak kayu putih atau balsem penghangat spesial untuk bayi. Minyak ini beraroma wangi serta membuat perlindungan kulit dari cuaca jelek serta dehidrasi. Tetapi, waspadalah saat memoleskan minyak/balsem tersebut bila bayi anda mempunyai ruam kulit, supaya tidak jadi parah situasinya.

  • Lakukan pemijatan
Untuk kesehatan umum serta perawatan kulit bayi, anda bisa lakukan pemijatan. Untuk kepentingan ini, anda bisa memakai minyak zaitun atau minyak esensial lain yang tidak membahayakan bayi serta bisa menyebabkan asma.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar